5 Hadits Membaca Al Quran Setiap Hari

5 Hadits Membaca Al Quran Setiap Hari

Hadits Membaca Al Quran Setiap Hari menurut Rasulullah

Keutamaan Membaca Al Quran – Al-Qur’an ialah kitab suci utama dalam kepercayaan Islam, setiap muslim, meyakini bahwa Al Quran ialah pedoman hidupnya. Al Quran merupakan pedoman hidup bagi seluruh umat Muslim. Al Quran merupakan firman Allah yang di dalamnya ada sejumlah hukum, doa serta petunjuk yang bisa diaplikasikan umat Muslim dalam beribadah atau kehidupan sehari-hari.

membaca alquran langgam jawa

Jadi, sangat dianjurkan sekali buat membaca dan mengamalkannya, karena membaca Al Quran termasuk salah satu ibadah yang sangat diutamakan.

Dosen Fakultas agama Islam (FAI) Sokhibul Arifin menyebutkan beberapa keutamaan membaca Al-Quran setiap hari berdasarkan Rasulullah.

berdasarkan penjelasannya, keutamaan membaca Al Quran setiap hari akan mengakibatkan hidup lebih berkah serta dimudahkan segala urusan.

Keutamaan membaca Alquran bahkan disebutkan secara rinci, salah satunya melalui hadist dari Riwayat Abdullah Ibnu Mas‘ud yang menjelaskan, setiap satu huruf yg dibaca akan diberi balasan satu kebaikan,”tegas Sohib.

Rasulullah SAW. bersabda:Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan menerima satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan pada sepuluh semisalnya. aku tidak berkata alif lâm mîm satu huruf. akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, serta mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

Keutamaan selanjutnya ialah memberi syafaat di akhirat. seperti yg diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Alquran, maka sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya“.

Hadist ini memerintahkan agar menjadikan Al-Quran sebagai bacaan utama harian kita. Kelak Al-Quran akan menjadi sahabat di akhirat Jika kita sudah membersamainya sejak di dunia,”jelasnya lagi.

Bagi yang membaca al-Qur’an, kemudian mempelajarinya dan mengamalkannya maka kedua orangtuanya dipakaikan mahkota dari cahaya di hari kiamat.

Hal ini sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW. “Siapa saja membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada ke 2 orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari(HR. Hakim)

dengan semua keutamaan itu, sangat wajar bila sahabat nabi berlomba-lomba membaca, mempelajari serta mengamalkan isi Al Quran. dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW. memerintahkan Abdullah bin Umar supaya mengkhatamkan Al Quran seminggu sekali (HR Ahmad).

Begitu juga sahabat nabi yg lain yaitu Zaid bin Tsabit, Usman bin ‘Affan, Ubay bin Ka’ab serta Ibnu Mas’ud; telah menjadikan dzikirnya buat mengkhatamkan Al Quran di setiap hari Jumat. namun demikian, minimal, hendaknya setiap Muslim bisa mengkhatamkan Al Quran setidaknya sebulan sekali.

ada banyak sekali keutamaan bagi orang yg gemar serta pintar membaca Al Quran, jangankam bagi orang yg lancar atau pintar membaca Al Quran, bagi orang yang masih belajar sekalipun diberikan pahala yang besar baginya. Keutamaan membaca Al Quran ini dijelaskan di dalam beberapa hadist ini dia.

1. menerima syafaat

salah satu keutamaan orang yg gemar membaca Al Quran ialah kelak dia akan mendapatkan syafaat atau pertolongan di hari kiamat. Ini sesuai dengan sebuah hadist yang diriwayatkan Iman Muslim, yg artinya:

Abu Umamah Al Bahily ra. mengatakan:saya telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran sebab sesungguhnya dia akan datang di hari kiamat sebagai pemberi syafaat pada orang yang membacanya.(HR. Muslim).

2. mendapatkan kebaikan

terdapat juga keutamaan bagi orang yg membaca Al Quran, bahwasannya dia akan mendaoatkan kebaikan yang dilipatgandakan. Ini sesuai dengan hadist dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:Siapa yg membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tadi, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.” (HR. Tirmidzi).

3. Diangkat derajatnya pada sisi Allah

Keutamaan lain bagi orang yang getol membaca Al Qur’an bahwa Allah akan mengangkat derajatnya. Hal ini sesuai menggunakan hadist dari Umar RA berkata bahwa Rasulullah:

Allah Ta’ala mengangakat derajat berapa kaum melalui kitab ini (Al-Qur’an) serta dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini juga.” (HR Muslim)

4. Dimuliakan Allah

Baik orang yg lancar membaca Al Quran ataupun terbata-bata, maka mereka akan mendapatkan kemuliaan serta pahala dari Allah SWT. Ini sesuai dengan sebuah hadist dari Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya:

seseorang yg lancar membaca Al Quran akan beserta para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat pada Allah. Adapun yg membaca Al Quran dengan terbata-bata atau kesulitan dalam bacaan tadi maka baginya 2 pahala(HR. Muslim).

5. Diberikan pahala seperti salat sepanjang malam

eutamaan luar biasa lainnya dari orang yang mencintai Al Quran dan senantiasa membacanya, maka Allah akan memberinya pahala seperti pahala orang yg salat sepanjang malam. Ini tertuang pada hadist dari Tamim Ad Dary radhiyalahu ‘anhu berkata, yang artinya:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:Siapa yg membaca 100 ayat di suatu malam dituliskan baginya pahala salat sepanjang malam.” (HR. Ahmad yang disahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’ no. 6468).

Itulah sekian keutamaan dari membaca Al Quran yang perlu diketahui. Semoga ini mampu memotivasi kita supaya terus belajar serta memperbanyak membaca Al Quran.

telah membeli
45 menit lalu