5 Rekomendasi Komik Terbaik untuk Anak (Terbaru)

5 Rekomendasi Komik Terbaik untuk Anak (Terbaru)

5 Rekomendasi Komik Terbaik untuk Anak – Komik merupakan buku bacaan yang cenderung digemari anak-anak berkat kombinasi tulisan dan gambarnya. Namun, tidak semua komik cocok dibaca anak-anak, baik dari segi cerita maupun ilustrasi. Oleh karena itu, Anda perlu cermat dalam menyeleksi komik yang patut dibaca oleh si kecil. Selain menghibur, komik juga bisa menjadi media pembelajaran anak, lho.

Kali ini, kami akan membagikan rekomendasi komik terbaik untuk anak-anak beserta tips memilihnya. Komik untuk anak-anak yang bagus, seperti Doraemon, Boboiboy, dan Why? juga dapat Anda beli secara online. Selamat membaca!

Manfaat membaca komik bagi anak

Tahukah Anda bahwa terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak melalui membaca buku atau komik? Membaca komik dipercaya dapat meningkatkan minat baca pada anak. Kini, banyak komik dengan gambar berwarna sehingga tak akan membuat si kecil cepat bosan. Dengan memperhatikan gambarnya, anak dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya.

Dialog dalam komik biasanya menggunakan tata bahasa ringan dengan kalimat pendek sehingga mudah dipahami anak. Mata anak juga jadi tidak cepat lelah karena tidak perlu melihat kalimat yang berjejer panjang. Hal tersebut tentunya dapat membantu anak yang sedang berlatih membaca sehingga dapat menambah kosa kata baru untuknya.

Namun, orang tua tetap perlu berperan aktif dalam memilih komik untuk anak-anak. Hal ini dimaksudkan agar anak dapat menikmati bacaan yang tepat. Dengan memilih komik yang tepat, minat baca dan budaya literasi anak dapat tertanam sejak dini.

Cara memilih Komik Terbaik untuk Anak

Ada sejumlah poin yang sebaiknya menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli komik untuk anak-anak. Perhatikan tips memilih di bawah ini dengan saksama dan temukan komik yang paling tepat untuk si buah hati.

Sesuaikan dengan genrenya

Komik untuk anak-anak hadir dalam berbagai genre, seperti fantasi, edukasi, keluarga, dan sebagainya. Masing-masing genre tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi buah hati Anda. Untuk itu, mari pahami keunggulan masing-masing genre berikut ini.

Untuk mengembangkan imajinasi anak, pilih genre fantasi

Dunia anak-anak adalah dunia yang penuh imajinasi. Sebut saja hal-hal sederhana seperti melalukan pretend play atau permainan pura-pura hingga membaca komik fantasi. Komik anak dengan genre fantasi biasanya memiliki tokoh utama berupa superhero atau tokoh lain yang memiliki kemampuan khusus.

Komik yang sarat akan khayalan bisa membuat imajinasi anak berkembang mengikuti alur ceritanya. Hal itu pula yang dapat memancing kinerja otaknya menjadi lebih kreatif. Anak juga dapat tertarik untuk mengasah kemampuan menggambarnya berkat visual yang ditampilkan dalam komik.

Dapatkan banyak pelajaran dengan memilih genre edukasi

Selain berisi cerita dan gambar yang menghibur, komik untuk anak-anak juga tersedia dalam bentuk media edukasi. Tema yang diangkat pun beragam, mulai dari sains hingga religi. Dengan penyampaian yang menarik, si kecil pasti akan betah belajar sambil membaca komik.

Proses belajar yang menyenangkan tersebut akan membuat ilmu yang disampaikan mudah terserap. Anda juga dapat menggunakan komik edukasi untuk merangsang daya ingat anak. Mintalah anak untuk menceritakan kembali isi komik pada Anda. Selain itu, Anda dan buah hati juga bisa membaca komik bersama untuk membangun bonding agar lebih erat.

Untuk bacaan ringan anak, pilih genre keluarga

Jika Anda sedang mencari komik anak dengan cerita ringan dan menghibur, pilihlah komik dengan genre keluarga. Umumnya, komik ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari yang menceritakan kehidupan anggota keluarga dengan karakter yang berbeda-beda.Meskipun hanya bacaan yang ringan, komik dengan genre keluarga memiliki pesan moral yang dapat diterapkan di rumah. Sebagai contoh, pada komik Keluarga Super Irit, ada kiat untuk menghemat pengeluaran listrik. Selain itu, anak dapat mencontoh cara bersosialisasi seperti dalam komik, khususnya pada anggota keluarga.

Sayangnya, tak banyak komik yang sudah memiliki adaptasi animasi atau bergambar. Di Indonesia sendiri, masih sangat sedikit animasi yang dibuat dari komik anak-anak, begitupun sebaliknya. Namun, Anda justru dapat mengurangi screen time pada anak dan fokus terhadap kegiatan membaca saja.

5 Rekomendasi komik terbaik untuk anak-anak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk komik terbaik untuk anak-anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

I. Dihyah Al-Haazim Komik Hadits Anak Mulai dari Rp 49.000

5 Rekomendasi Komik Terbaik untuk Anak (Terbaru)

Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Genre : Edukasi, agama

Memahami hadis lewat cara yang menyenangkan
Memahami dan mengamalkan hadis merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk pemeluk agama Islam. Untuk membuat kegiatan belajar hadis lebih menyenangkan bagi anak, pilihlah produk ini. Cerita dalam komik ini dikemas dengan gaya khas anak-anak usia sekolah yang lucu dan ceria.

Pada setiap akhir cerita, tertulis hadis yang berkenaan dengan cerita tersebut. Komik ini dibuat ketika penulis berusia 12 tahun, lho! Jadi, isi komik ini pun menjadi sangat relate dengan kehidupan anak-anak.

II. ( Squ )Pengen Jadi Baik Mulai dari Rp 50.000,00

5 Rekomendasi Komik Terbaik untuk Anak (Terbaru)

Penerbit : Wake up early publisher
Genre : Keluarga

Ceritanya dapat dinikmati oleh semua usia
Komik ini hadir dalam tujuh judul yang tidak berkesinambungan antara satu dengan lainnya. Jadi, untuk membacanya tidak harus berurutan. Isi cerita dari buku ini juga dapat dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Selain itu, komik ini dapat ditonton versi animasinya pada channel Youtube Pengen Jadi Baik. Bagi Anda yang ingin mengajarkan nilai-nilai kebaikan pada anak melalui komik, produk ini patut dipertimbangkan.

III.Komik Islam Jagoan Komik Cilik Mulai dari Rp. 60.000

Komik Islam Jagoan Komik Cilik

Penerbit : Al Kautsar
Genre : Edukasi

Komikus jagoan harus berdaya, memberi warna kebaikan di mana pun berada. Para jagoan komik cilik ini berkumpul, menyampaikan pesan kebaikan Islam, melalui komik hasil coretan tangan mereka. Agar saling mengingatkan kita semua dalam kebaikan dan kesabaran. Yuk, saatnya jagoan komik cilik berkarya!

Kelebihan Komik ini!
* Karya asli anak-anak
* Komik full color
* Menyampaikan pesan kebaikan dengan cara yang ringan

VI. Komik Keluarga Muslim (Perpingkot) Mulai dari Rp. 57.000

Komik Keluarga Muslim Perpingkot

Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Genre : Family, edukasi

Kehidupan Perpingkot begitu ceria dan ramai. Seru dengan segala tingkah polah para penghuninya. Ada keluarga Pak Sholeh yang harmonis lagi heboh, ada keluarga Pak Suwido yang semangat belajar Islam sekaligus kocak, dan anak-anak muda yang kreatif.

Tentu saja, tetap dalam bingkai Keislaman, lho. Mereka tinggal di lingkungan perumahan yang berada di pinggiran kota, yang kalau disingkat jadi PERPINGKOT. mau tahu gimna keseruannya?

“Komik mantul, nih ! Cerita tentang keluarga islami yang pasti menginspirasi ! Harus Cepat-cepat dibeli!”
(Asma Nadia, penulis produktif yang baik hati )

V. Buku Komik Fiqih Untuk Muslim Cilik Mulai dari Rp. 31.000

Buku Komik Fiqih Untuk Muslim Cilik

Penerbit: Ihsan Comic
Genre: Edukasi, Agama

“Anak-anak, kita belajar fiqih yuk!” ajak Bunda

“Fiqih? ? Wah, berat Bunda, belajar yang lain aja, ya,” jawab Abang.

Alhamdulillah, sekarang kita bisa belajar fiqih dengan menyenangkan
Belajarnya asyik tidak bikin pusing karena sambil membaca komik.
Ceritanya seruuuu, lucuuuu dengan ilustrasi gambar yang menarik. ?

Komik Edukasi
*KOMIK FIQIH UNTUK MUSLIM CILIK*

Kita belajar bersama tentang :
▪️ Taharah
▪️ Tayamum
▪️ Shalat
▪️ Puasa
▪️ Khitan
▪️ Zakat
▪️ Haji
▪️ Qurban
▪️ Makanan Halal dan Haram
▪️ Pinjam Meminjam

Kesimpulan
Sudahkah Anda menemukan komik terbaik untuk anak Anda? Dengan gambarnya yang menarik, komik dapat menjadi sarana menambah wawasan serta minat baca anak. Selain itu, sejumlah komik mengandung pesan moral yang dapat diajarkan pada anak.

Anda dapat menjadikan komik rekomendasi kami sebagai koleksi bacaan terbaru si kecil. Namun, sebelum menentukan komik yang akan dipilih, jangan lupa perhatikan poin-poin yang telah dibahas di artikel ini. Selamat berburu komik terbaik!

telah membeli
45 minutes ago