Ingin Berbakti pada Orang Tua? Belajarlah dari Uwais Al-Qarni

Ingin Berbakti pada Orang Tua? Belajarlah dari Uwais Al-Qarni

Ingin Berbakti pada Orang Tua? Belajarlah dari Kisah Pemuda Ini

3016992183

“dan Tuhanmu telah memerintahkan agar engkau jangan menyembah selain dia, dan hendaklah berbuat baik kepada orang tua (ibu dan Bapak). Jika salah seseorang diantara keduanya hingga berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau berkata ‘ah’ serta janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah pada keduanya perkataan yg baik”. (QS. Al Isra: 23).

seseorang ibu ialah sosok yang mempunyai tempat yang sangat mulia dalam Islam, oleh karena itu setiap anak harus buat selalu berbakti kepada orang tua, terlebih lagi pada ibunya. seorang anak tidak diperbolehkan untuk mengatakan ‘Ah’ pada orang tua, walaupun pada keadaan terpaksa, terlebih lagi durhaka pada orang tuanya

Berbakti pada orang tua bukanlah hal yg sulit bagi anak yang baik, terlebih lagi dalam Islam memang telah diwajibkan pula untuk berbakti serta selalu memuliakan orang tua kita, serta apabila kita berbakti pada orang tua, berarti kita sudah berbakti pula kepada Allah serta Rasul-Nya.

Berbicara perihal memuliakan orang tua, di sini penulis akan menceritakan kisah seorang pemuda yg ialah sahabat Nabi. Pemuda ini bernama Uwais Al-Qarni. tak asing lagi ditelinga kita, bukan? Ya, Uwais Al-Qarni merupakan seorang pemuda miskin yg tinggal di pinggiran Yaman.

1452999211569b022bdb283

Uwais Al-Qarni adalah pemuda yang tidak populer, miskin, serta mempunyai penyakit kulit. tak ada yang mengenalnya bahkan namanya pun tidak dikenal. tetapi, Uwais ialah pemuda yg sangat dicintai oleh Allah dan terkenal di langit, dikarenakan dia sangat patuh dan menghormati ibunya yg sakit lumpuh.

Suatu waktu Uwais meminta izin pada ibunya buat pergi ke Madinah dalam rangka untuk melepaskan kerinduannya pada Rasulullah. oleh bunda pun memberikan izinnya, tetapi dengan syarat selesainya berjumpa dengan Rasulullah dia harus segera kembali, karena ibunya yg sakit-sakitan.

sehabis melakukan perjalanan yang sangat panjang, tetapi Uwais tidak mendapati Rasulullah di rumahnya karena Rasul sedang memimpin peperangan, ucap Aisyah di Uwais waktu itu. kemudian Uwais pun menitipkan pesan kepada Aisyah buat Rasulullah. dia tidak dapat menunggu Rasulullah balik , dikarenakan beliau sudah berjanji pada ibunya, untuk segera balik kerumah dengan cepat.

lalu di kesempatan yang lain, oleh ibu meminta Uwais untuk mengantarkannya pergi haji. Tentu Uwais tidak menolak, walaupun dia dari keluarga miskin, dengan kecerdasan yg dimilikinya, Uwais membeli seekor sapi kecil, yg dirawatnya hingga besar dan selalu menggendong sapi tersebut sembari naik turun bukit.

pemuda yaman gendong ibunya sejauh banten banyuwangi

Alasan Uwais selalu menggendong sapinya, sebab agar Uwais kuat buat menggendong ibunya berangkat haji. lalu Uwais pun berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar diampuni dosa-dosa ibunya. Ibunya pun bertanya lalu bagaimana dengan dosa-dosamu? “Jika Allah mengampuni dosa-dosa ibu dan ibu masuk ke surganya Allah, maka cukuplah rida dari ibu yg akan membawaku ke surga” jawab Uwais.

Allah Subhanahu wa ta’ala pun memberikan karunia untuk Uwais, di mana penyakit kulitnya sembuh, dan hanya tertinggal satu bulatan di tengkuknya, yg mana artinya tanda yg disebutkan oleh Rasulullah kepada Ali serta Umar buat mencari keberadaannya. namun, beberapa tahun sehabis kedatangan Ali serta Umar, Uwais pun wafat.

warga Yaman sangat heran saat itu, sebab begitu banyak yang menginginkan buat memandikan, menyalati, dan menguburkan jenazah Uwais, tetapi orang-orang itu bukan dari masyarakat Yaman, melainkan orang-orang itu adalah para malaikat. Yaitu para malaikat yg diturunkan ke bumi, hanya buat mengurus jenazah serta pemakamannya Uwais.

dari sosok Uwais kita dapat belajar bahwa berbakti di orang tua akan membuat Allah sayang pada kita, dan membuahkan kita terkenal di langit, seperti halnya Uwais. Semoga kita mampu menjadi Uwais pada zaman modern ini.

Sumber Artikel : lpmdinamika.co

telah membeli
45 menit lalu