Buku Biografi Imam Syafii – Penerbit Aqwam

Rp55.000

Buku Biografi Imam Syafii – Merekapun mengajukan beberapa pertanyaan fikih yang aneh-aneh untk mengujinya. Pertanyaan demi prtanyaan d jawab dengan tangkas oleh Imam Syafi’i.

Judul : Biografi Imam Syafi’i
Penerbit : Aqwam
Penulis : Abdul Azis Asy-Syinawi
Ukuran : 15 x 23 cm
Tebal : 334 hlm
ISBN` : 978-979-039-283-0

Beli via Whatsapp
SKU: Aqwam_B_imamsyafii Kategori: Tag: ,

Buku Biografi Imam Syafii

Judul : Biografi Imam Syafi’i
Penerbit : Aqwam
Penulis : Abdul Azis Asy-Syinawi
Ukuran : 15 x 23 cm
Tebal : 334 hlm
ISBN` : 978-979-039-283-0

Buku Biografi Imam Syafii – Ia lahir 150 H ,tahun kematian Imam Abu Hanifah ,Imam madzhab fikih tertua. Saat masih mengandungnya, sang bunda bermimpi unik. Dari (maaf) farjinya keluar bintang terang, yang kemudian jatuh berkeping dimesir. Setiap negrei mendapat kepingan tersebut.

Yakin bahwa anaknya akan menjadi orang penting, sepeninggal ayahnya, Ibunda Imam Syafi’i membawanya pulang dari gaza kemekah, kampung leluhurnya, kakeknya Syafi’i pernah bertemu Rasullah SAW saat masih kecil. Sedangkan Ayahnya, Sa’ib adalah pembawa bendera bani hasyim pada perang badar, ia tertawan kaum muslimin , lalu menebus dirinya dan masuk Islam.

Sinar ilmunya membuat ia dicintai khalifah harun Al rasyid, sehingga beberapa ulama di Iraq merasa iri. Merekapun mengajukan beberapa pertanyaan fikih yang aneh-aneh untk mengujinya. Pertanyaan demi prtanyaan d jawab dengan tangkas oleh Imam Syafi’i. Anda dapat menyimak kecerdasan Imam Syafi’i beikut ijtihad-ijtihad fikihnya dalam buku ini.

KISAH UNIK

Pada zaman dahulu, saat Muhammad bin Idris masih kecil, beliau sempat dihadang perampok dan memintanya untuk menyerahkan sejumlah uang. Komandon perampok bertanya, “Berapa jumlah uang yang engkau punya?” Lalu beliau menjawab, “400 Dirham,” sembari menyodorkan uang dari balik pakaiannya. Setelah itu gantian sang komandan yang heran dan bertanya, “Mengapa engkau jujur kepadaku, padahal engkau tahu …

usai ini uangmu akan raib di tangan kami.” Dengan polosnya beliau menjawab, “Saya telah berjanji kepada umi ku untuk tidak berdusta kepada siapa pun.” Mendengar ucapan tersebut, Allah Tabaraka wa Ta’ala getarkan hatinya untuk bertaubat dan ia berkata, “Sungguh, engkau takut mengkhianati janji umi mu, sedangkan saya tidak takut dari berkhianat kepada Allah! Ambil lah uangmu dan pergilah dengan selamat. Hari ini saya bertaubat.” Lalu para anak buah perampok saling bertatapan, “Jika engkau saja bertaubat, maka kami lebih layak bertaubat daripada engkau.” Akhirnya pun mereka bertaubat semua. Allahu Akbar!

BANYAKNYA GURU IMAM SYAFI’I

Jika satu orang yang diajar oleh satu orang guru saja, ilmunya luar biasa. Bagaimana jika gurunya banyak? Tentu lebih ahsan lagi. Inilah sederetan guru- guru beliau. Jumlah guru Imam asy-Syafi’i yang terkenal ada 19 orang; 5 orang dari Mekah, 6 dari Madinah, 4 dari Yaman, dan 4 lagi dari Irak. Adapun yang dari Mekah, mereka adalah: Sufyan bin ‘Uyainah, Muslim bin Khalid az-Zanji, Sa’id bin Salim al-Qaddah, Dawud bin ‘Abdurrahman al-’Atthar, dan ‘Abdul Hamid bin ‘Abdul ‘Aziz bin Abi Dawud. (Selengkapnya dapat Anda simak dalam buku ini!)

Informasi Tambahan

Berat 500 g
telah membeli
45 menit lalu