10 Rekomendasi Buku Parenting Islami – Terbaru 2022

10 Rekomendasi Buku Parenting Islami – Terbaru 2022

Rekomendasi buku Parenting Islami

Buku Parenting Islami – sebagai orang tua, Anda wajib bisa mendidik dan mengasuh anak-anak dengan optimal, serta memahami apa yg menjadi kebutuhan mereka. buat itu, Anda memerlukan bekal berupa ilmu parenting. Selain belajar dari pengalaman langsung, Anda pula bisa belajar soal pengasuhan anak dari buku parenting.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih buku parenting yg bagus. Anda bisa menentukan buku parenting best seller sampai buku parenting Islami serta modern. Kami juga akan menyampaikan rekomendasi buku parenting terbaik, seperti Bringing Up Bebe, Ayah Edy Menjawab, hingga Parenting++ karya Elly Risman. Selamat membaca!

Pentingnya mempelajari ilmu parenting

Parenting ialah segala hal yang berhubungan dengan cara mendidik dan mengasuh anak. Asosiasi Psikologi Amerika (APA) mengatakan pada dasarnya parenting mempunyai tiga tujuan utama. Tujuan ini meliputi untuk memastikan kesehatan serta keselamatan anak-anak, mempersiapkan mereka agar tumbuh produktif, dan menurunkan nilai-nilai budaya.

penting bagi orang tua buat memahami anak-anaknya, termasuk mengetahui proses perkembangan, kebutuhan, dan keunikan mereka. karena itu, mempelajari tentang parenting sangatlah penting. Pasalnya, pola asuh orang tua mempunyai peran besar dalam pembentukan karakter anak ketika dia dewasa nanti. Selain itu, banyak manfaat yang mampu Anda dapatkan dengan mempelajari parenting.

sebagai contoh, dengan belajar parenting, Anda akan siap menerima perbedaan karakter tiap anak. lalu, Anda akan siap menghadapi berbagai permasalahan yang mungkin terjadi waktu membesarkan mereka. Anda juga dapat berpikir secara logis serta menilai hal-hal yg baik dan buruk buat anak-anak. Jadi, jangan ragu buat belajar tentang ilmu parenting!

Rekomendasi Buku Parenting Islami berikut menawarkan wawasan yg dapat membantu Moms serta Dads mendalami ketiga hal tersebut dalam mengasuh si kecil.

1. Islamic Parenting : Pendidikan Anak Metode Nabi

Ditulis oleh Syaikh Jamal Abdurrahman, buku ini menjabarkan metode pendidikan anak sesuai dengan anjuran nabi.

terdapat penjelasan yang dapat disesuaikan buat umur anak, mulai dari 0-18 tahun.

2. Prophetic Parenting : Cara Nabi Mendidik Anak

buku parenting ini membantu untuk membentuk sisi psikis dan kecenderungan bagi sang anak.

Isinya lebih mengetengahkan pentingnya pertumbuhan anak di gendongan sang Mama, keluarganya dan lingkungannya dan hubungan kekerabatan dengan ke 2 orangtua dan karib-kerabatnya.

3. Mendidik dengan Cinta – Irawati Istadi

Prophetic Parenting

Dulu aku membeli ini pada galat satu toko buku waktu masih tinggal di Bogor. saya membeli buku ini di awalnya karena judulnya yg menarik. Ternyata isinya jauh lebih menarik. kitab ini tersaji pada 9 bab. tulisan dari Bu Irawati sangat mengalir serta related denggan kejadian parenting sehari-hari.
di setiap bab di awali dengan naratif cerita langsung ataupun inspirasi dari sekitar penulis. Inilah sebabnya saat membaca kitab ini tidak mirip digurui. buku ini relatif tebal sebab memiliki 388 halaman. tetapi, tetap bisa dibaca santai setiap babnya. Harga buku mendidik dengan cinta ini di tahun 2017 sekitar Rp80.000.

4. Prophetic Parenting – Cara Nabi Mendidik Anak – DR. Muhammad Nur Abdul Hafidzh Suwaid

Prophetic Parenting

buku ini termasuk tebal dengan 610 halaman. di dalam buku ini kita dibantu dalam membuat sisi psikis dan kecenderungan bagi sang anak. dengan 17 bab di dalamnya, buku ini sangat lengkap membahas sisi parenting dari memilih pasangan yang tepat, mendidik anak dari lahir, membentuk aktivitas ibadah anak sampai perkembangan fitrah anak.

buku terjemahan ini memang memiliki tantangan tersendiri membacanya. saya sarankan buat mencicil serta menulis ulang agar semakin paham tiap babnya. tetapi, tiap pembahasannya sangat lengkap dengan hadist serta ayat Al Quran-nya.
buku ini mampu kita dapatkan pada berbagai toko buku offline ataupun toko online. dengan harga lebih kurang Rp 80.000, kita bisa mendapatkan buku parenting bernuansa Islami ini.

5. Mendidik Anak Laki-Laki (Bagaimana Menyiapkan Generasi Islam yang Unggul)

Mendidik Anak Laki Laki Bagaimana Menyiapkan Generasi Islam yang Unggul

Apakah selama ini Anda termasuk orang yg percaya teori adanya masa puber bagi anak muda? Apakah Anda juga yakin bahwa Anda muda harus melalui fase tertentu, di mana ia akan mengalami kegoncangan psikis serta kritis jati diri? Apakah anda juga permisif serta memaklumi tingkah pola tidak karuan anak muda mengatasnamakan bagian dari metode pendidikan?

buku ini mengajak Anda buat membuang jauh-jauh teori pada atas yg sebetulnya hanyalah khayalan tidak berdasar. di mulai dari fakta bahwa pemuda yg cukup kebutuhan jasmani dan rohaninya akan melewati masa mudanya dengan aman, tanpa gejolak karuan yg di sebutkan tadi. juga penyadaran bahwa dalam Islam tida di kenal kata remaja (al-murahiq) yg identik dengan kegoncangan serta krisi jati diri. yang ada, istilah pemuda (syabab) yang lekat denga semangat maju dan masa depan cerah.

Penulis memberiakan komparsi utuh dua buah masyarakat yg membentuk kehidupan pemuda. Antara masyarakat materialistis di perkoatan dengan masyarakat pendesaan yg masih bebas berasal gaya hidup masyarakat pertama. Komparasi tadi akhirnya menggiring pada sebuah konklusi: sejauh mana komitmen rakyat terhadap islam, sejauh itu ia akan memberikan jaminan bagi pemuda buat melewati fase kehidupannya dengan baik serta selamat.

tidak berhenti hanya di teori keras semata, penulis juga menyodorkan satu ploa pendidikan parktis bagi pemuda, dengan menjadikan masjid sebagi sentral utama pergaualan sekaligus pendidikan non-formalnya. Memang, sudah saatnya mengakhiri krisis moral pemuda menggunakan resep serta nilai-nilai islam, dan mendekatkan masjid dalam kehidupan mereka sehari-hari. Bagaimana caranya, temukan dalam buku ini.

6. Pendidikan Anak dalam Islam

kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam mempunyai ciri tersendiri. Keunikan ciri itu terletak di uraiannya yang mendeskripsikan totalitas dan keutamaan Islam. Islam sebagai agama yang tertinggi dan tidak terdapat yang melebihi ketinggiannya adalah menjadi obsesi Ulwan dalam setiap analisa serta argumentasinya, sehingga tidak terdapat satu bagian pun dalam kitab tersebut yg uraiannya tidak berdasarkan atas dasar-dasar serta kaidah-kaidah nash.

buku ini disusun dalam tiga bagian atau qism yg kronologis, masing-masing bagian memuat beberapa pasal dan setiap pasal mengandung beberapa topik pembahasan. Judul-judul dan pasal-pasal pada setiap bagian itu akan tersusun sebagai ini dia :

Bagian pertama terdiri dari empat pasal, yaitu:

a. Pasal pertama ialah perkawinan teladan pada kaitannya dengan pendidikan.
b. Pasal kedua artinya perasaan psikologis terhadap anak-anak.
c. Pasal ketiga ialah hukum umum pada hubungannya dengan anak yg lahir.

Bagian kedua yaitu tanggung jawab terbesar bagi para pendidik, bagian ini terdiri asal tujuh pasal artinya menjadi berikut :

a. Pasal pertama adalah tanggung jawab pendidikan Iman.
b. Pasal kedua adalah tanggung jawab pendidikan moral.
c. Pasal ketiga ialah tanggung jawab pendidikan fisik
d. Pasal keempat merupakan tanggung jawab pendidikan intelektual.
e. Pasal kelima ialah tanggung jawab pendidikan psikologis.
f. Pasal keenam adalah tanggung jawab pendidikan sosial.

Bagian ketiga terdiri dari tiga pasal dan penutup :

a. Pasal pertama adalah faktor-faktor pendidikan yg berpengaruh.
b. Pasal kedua adalah dasar-dasar fundamental pada mendidik anak.
c. Pasal ketiga berisi saran-saran paedagogis.

7. Positive Parenting- Mohammad Fauzil Adhim

tidak mudah menemukan buku pedoman untuk mengasuh serta membesarkan anak yang komplet di zaman sekarang. buku-buku praktis tentang parenting yang tiba dari Barat kebanyakan menekankan pada kecerdasan dan sukses secara materiil, ad interim buku-kitab berasal Timur (termasuk Islam) sudah mengarah ke pembangunan karakter atau akhlak yang baik namun, kadang, kurang membumi. buku Positive Parenting ini mencoba menggabungkan sumber-sumber mutakhir Barat dan khazanah Islam yang sangat kaya berkaitan dengan bagaimana mendidik anak.

Ditulis dalam gaya bahasa yang cair-mengalir serta ditambah dengan contoh-contoh praktis yg mudah diaplikasikan, buku ini akan sangat membantu keluarga Islam yg ingin menerima panduan-komplet ihwal parenting. galat satu ciri positive parenting yang digagas oleh penulis kitab ini ialah memandang anak pada bentuk yang positif. Tingkah polah mereka adalah cara buat menunjukkan potensi luar biasa yg ada pada dalam diri mereka.

Inilah sebuah buku panduan pengasuhan Islam modern yang akan mengubah diri serta keluarga Anda.

8. Anak Bertanya Anda Kelabakan

Allah itu terdapat dimana, Bu?
Ma, jikalau sholat menghadap ke selatan boleh tidak?
Bu, malaikat Jibril kan tugasnya menyampaikan wahyu, setelah tidak ada lagi nabi yg diutus, kemudian apa tugas malaikat Jibril selanjutnya?
katanya Allah maha-Adil, tapi mengapa Allah menciptakan orang gila?

Orang tua atau siapapun yang berinteraktif dengan anak wajib senantiasa siap menjawab pertanyaan anak seperti diatas. sebab, jawaban yg diterima akan terekam bertenaga pada otaknya. Jangan biarkan oleh anak mendapat jawaban yang keliru karena anda tidak bisa menjawab pertanyaannya.

buku ini akan membantu anda menjawab pertanyaan anak tentang Islam yg sering membuat anda kelabakan. Setiap jawaban disertai panduan bagi orang tua sehingga menambah khazanah orang tua tentang masalah tersebut. Selain itu, penulis juga memberikan tips dan trik dalam menjawab pertanyaan anak. Disampaikan dalam bahasa sehari-hari, menjadikan buku ini terasa akrab sebagaimana keakraban anda dengan anak.

9. Mendidik Anak perempuan

Barang siapa diuji dengan anak anak perempuan lalu beliau bersikap baik kepada mereka.pasti mereka akan sebagai penghalangnya asal neraka.( HR Al-Bukhori dan Muslim )

Kutipan hadits diatas baru sedikit dari sekian banyak hadits Rasullah yg menjelaskan keutamaan mendidik anak perempuan . Mengapa sedemkian penting? sebab, menyiapkan mereka sama menggunakan mempersiapkan masa depan umat. Besarnya keutamaan ini mampu menjadi motivasi tersendiri bagi orang tua.

Diciptakanya anak wanita berbeda dengan anak laki laki menuntut orang tua buat membri perhatian sesuai dengan porsi serta karakternya kewanitaanya. Masing masing tahapan usia pula membutuhkan fokus perhatian yg berbeda.

karena itu, penulis buku ini menguraikannya detil detailnya secara ringkas dan jelas menurut tumbuh kembangnya tahapan tahapan secara psikologis; dari buaian hingga pelaminan.Tentunya didukung dengan dalil dalil shahih dan penjelasan para ulama yg kompeten dibidang islamiyah.

10. buku Koreksi Kesalahan Mendidik Anak (Kiswah Media)

buku ini membahas mengenai resep islam di dalam mendidik anak. pada dalamnya pula membahas koreksi kritis terhadap berbagai kesalahan orang tua di dalam mendidik anak serta solusi praktisnya. Semuanya dibahas secara lugas sesuai Al-Qur’an serta Hadits Rasulullah.

Islam telah mengajarkan cara-cara pada mendidik anak. Islam pula memberikan solusi praktis terhadap banyak sekali permasalahan pada pendidikan anak. Para orang tua yg bisa pada mengaplikasikan tuntunan mendidik anak dari Al-Quran serta AS-Sunnah, maka insya Allah ia akan menuai hasil yang membahagiakan dengan lahirnya anak yang shalih serta shalihah pada tengah-tengah famili kita.

penutup

Itulah ke 7 buku parenting islam yg saya rekomendasikan. Selain harganya masih terjangkau, ketersediaannya juga banyak di toko offline maupun online. kalau kalian sudah baca yg mana saja? kalau belum pernah membaca, kira-kira mana yang menjadi wishlist kalian? Share di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat, salam.

10 Rekomendasi Buku Parenting Islami - Terbaru 2022 | Terbaru 2023
Prophetic Parenting

Buku Parenting Islami - sebagai orang tua, Anda wajib bisa mendidik dan mengasuh anak-anak dengan optimal, serta memahami apa yg menjadi kebutuhan mereka. buat itu, Anda memerlukan bekal berupa ilmu parenting. Selain belajar dari pengalaman langsung, Anda pula bisa belajar soal pengasuhan anak dari buku parenting.

URL: https://rizkybarokah.co.id/

Penulis: rizkybarokah

Peringkat Editor:
4.5
telah membeli
45 menit lalu