Novel Hujan Karya Tere Liye – Best Seller

Novel Hujan Karya Tere Liye – Best Seller

Novel Hujan karya Tere Liye adalah salah satu dari sekian banyak bukunya yang sukses di pasaran.

Novel Hujan adalah karya Tere Liye yg berhasil menduduki Best Seller. Hujan ini berhasil diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka utama pada Januari 2016 lalu. Novel setebal 320 halaman ini, mengambil latar di tahun 2042 sampai 2050 dengan genre science fiction (sci-fi) yang mengisahkan dunia di masa depan penuh akan kecanggihan teknologi. dengan istilah lain, pesan manusia pun tergantikan dengan adanya keberadaan ilmu pengetahuan serta teknologi terkini tersebut.

Novel Hujan Karya Tere Liye Best Seller

Judul : Hujan
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT Gramedia Pustaka umum
Tahun terbit : 2016
Tebal buku : 320 page (20 cm)
ISBN : 978-602-03-2478-4

Sinopsis Novel Hujan Karya Tere Liye

Novel Hujan menceritakan romansa dua tokoh utama, yaitu Lail dan Esok. Novel Hujan juga menceritakan kisah serta perjuangan hidup Lail, yg harus menjadi yatim piatu diusia 13 tahun. Lail dan Esok bertemu sesudah letusan gunung berapi di tahun 2042. akibat dari letusan gunung berapi ini menghancurkan sebagian besar bumi serta hanya meninggalkan 10% manusia di bumi, dan merusak iklim serta cuaca bumi.

Lail dan Esok tinggal di kawasan pengungsian, mereka selalu bersama-sama dan tidak terpisahkan. namun selesainya evakuasi ditutup, mereka terpisah serta Esok diadopsi oleh keluarga wali kota dan beliau wajib pindah ke ibu kota buat melanjutkan studinya sampai berhasil memciptakan mobil terbang pertama. Sedangkan Lail adalah seorang gadis sederhana yang tinggal di sebuah panti sosial yang akhirnya sebagai relawan kemanusiaan serta bersekolah di sekolah perawat dan bergaul dengan Maryam.

Lail ternyata diam-diam mempunyai perasaan lebih terhadap Esok, namun dia memendamnya bertahun-tahun. Akhirnya Lail memutuskan buat menyibukkan dirinya dengan kegiatan yg bermanfaat. Lail serta Maryam bergabung dengan organisasi relawan serta mereka adalah relawan termuda. Mereka jua menorehkan prestasi, salah satunya ditempatkan di Distrik dua.

ada 2 kota kembar pada hulu serta hilir, serta dua kota ini telah dilegalkan sejauh 50 kilometer. waktu itu bendungan di bagian hulu retak, Jika bendungan pecah maka akan menghancurkan dua kota kembar tersebut. ketika itu, hanya ada satu cara buat mencapai bagian hilir yang mungkin bergerak cepat ketika badai. Keduanya berhasil memperingati kota tersebut, serta pengabdian mereka benar-benar membuat mereka memenangkan penghargaan.

dengan kesibukannya, Lail bisa sedikit mengalihkan kerinduannya pada Esok. Esok selalu mengunjungi dengan membawa sepeda merah, sepeda merah ini mereka kenakan waktu bencana, serta juga memakai topi yg diberikan Lail kepadanya. Sayangnya, intensitas pertemuan mereka menurun. Jika Esok tidak sibuk, mereka hanya mampu bertemu setahun sekali. Lail tidak pernah menghubungi Esok, dan terkadang dia bertanya kepada ibunya Esok wacana Esok.

Singkat cerita, ternyata sebuah pesawat luar angkasa yg sedang dibuat Esok akan membawa penghuni bumi ke luar angkasa buat menghindari bencana yang lebih besar dari gunung berapi yg meletus. tidak semua penduduk pulang, tetapi mereka dipilih secara acak. karena Esok berkontribusi dalam pembuatan pesawat itu, dia menerima dua tiket. Esok memberikannya pada Lail, walikota mendatangi Lail serta memintanya buat menyerahkan tiket kepada putri walikota Claudia.

ada kesalahpahaman tentang hal ini. Disaat itu Lail menyadari perasaannya serta membutuhkan kepastian dari Esok. Sehari sebelum pengumuman resmi diumumkan pemerintah, Lail marah sebab tidak ada kabar dari Esok. Beberapa detik sebelum pesawat luar angkasa itu terbang, Lail sebenarnya memutuskan untuk masuk ke ruang modifikasi ingatan buat menghapus semua kenangannya dengan Esok. Lail ingin menyingkirkan seluruh beban dan menghapusnya dari ingatannya.

Esok ternyata sedang mentransmisikan data sehingga tak bisa menghubungi Lail. Esok terlambat buat mencegah Lail melakukan hal itu. Esok tidak ingin Lail melupakannya. namun di akhirnya, pada detik-detik terakhir sebelum alat modifikasinya bekerja, Lail menetapkan untuk memeluk erat seluruh kenangan menyakitkan yang dimilikinya. Garis merah yg melambangkan ingatan yang menyakitkan telah berubah menjadi garis biru.

Lail tidak melupakan Esok. pada hari yang sama pemerintah mengumumkan bahwa pesawat ruang angkasa akan terbang, Lail tetap berada di Bumi bersama Esok. Sebulan lalu, mereka menikah. Elijah, mediator Lail pada ruang operasi, mengatakan tidak melupakan masalahnya, tapi menerimanya. Siapa yang bisa menerimanya, dia bisa melupakan serta menjalani hidup bahagia. tetapi, Jika dia tidak bisa menerimanya, dia tidak akan pernah lupa.

Novel Hujan Karya Tere Liye Best Seller 2

Kelebihan Novel Hujan karya Tere Liye

Kelebihan yang ada dalam novel ini yaitu novel ini sangat menarik dan mudah dipahami walaupun termasuk buku yang tebal. Alur cerita sulit ditebak sehingga pembaca sangat bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya. Kisah percintaan serta persahabatan yg dikemas menggunakan apik dan seru.

Membaca novel ini menghidupkan imajinasi tentang masa depan yang digambarkan pada cerita yaitu teknologi-teknologi canggih seperti anting yg berfungsi untuk pemandu online, kendaraan tanpa sopir, alat komunikasi yg menempel di tangan serta sebagainya.

Kekurangan Novel Hujan karya Tere Liye

menurut aku , ada sedikit kekurangan yaitu penulis menyebutkan bahwa secanggih apa pun teknologi itu tidak mampu menandingi kekuasaan dari tuhan. tetapi, tak ada hal-hal yg menerangkan tentang agama, beribadah, atau berdoa. pada cerita, yg digambarkan hanya seputar teknologi dan ilmu pengetahuan. kemudian tempat-tempat yang masih utuh serta bagus padahal bencana gunung meletus hanya menyisakan 10% populasi manusia.

Disamping kekurangan yg ada, novel ini tetap menjadi novel yang sangat seru dan menarik. Sangat cocok dibaca oleh kalangan remaja serta dapat menginspirasi generasi muda.

Pesan Moral serta kesimpulan Resensi Novel Hujan Tere Liye
di setiap kisah dari sebuah novel, tentunya oleh penulis tidak pernah luput buat menyelipkan pesan moral yang bisa dijadikan menjadi pembelajaran bagi para pembacanya, termasuk salah satu karya tulis dari Tere Liye yang bertajuk Hujan ini. Adapun pesan moral yg bisa dipetik dari kisah di novel ini, di antaranya:

Kisah Persahabatan

Persahabatan, dikisahkan melalui persahabatan antara Lail dan Maryam yang menitipkan pesan akan suatu jalinan persahabatan dalam menjalani kehidupan di panti asuhan. Persahabatan digambarkan guna saling menguatkan serta membantu, baik dalam keadaan senang juga sedih. pada kisah di novel ini, tentu terdapat banyak hal yang dapat saling dimengerti serta dipahami antara 2 orang sahabat sejati dengan tanpa berbicara sepatah kata pun.

Kisah Kasih

Kisah kasih yang tergambarkan pada novel ini, yaitu mengenai makna sebuah cinta dalam diam antara sosok Lail dan Esok. Keduanya saling menyayangi, namun tidaklah saling mengetahui sebab usia mereka yg masih terbilang muda. saat praduga terjadi, menerka-nerka sebuah perasaan yang terjalin antara satu sama lain, bahkan terbitlah sebuah rasa cemburu.

pada novel ini tercantum, kenangan sama halnya seperti hujan. ketika hujan datang dan turun, tidak ada yang bisa menghentikannya. Bagaimana mampu kita menghentikan setiap tetesan air yang berjatuhan dari langit sebab kita hanya bisa menunggu sampai tetesannya terhenti.

Kisah Melupakan

Melupakan pada novel ini dikisahkan dengan sosok gadis yang merasa sakit hati hingga akhirnya memutuskan buat melupakan seseorang dengan cara yg kurang baik. tetapi, dia pun akhirnya menyadari bahwa apa yg hendak dilakukan olehnya merupakan suatu kesalahan.

seperti yg tercantum pada novel ini, ratusan orang pernah berada di ruangan tersebut, mereka meminta agar semua kenangan dan ingatannya dihapus. tapi, sebenarnya yang sebagai akar permasalahannya artinya bukan tentang melupakan, melainkan menerima. bila orang tersebut tidak bisa menerima, ia pun juga tidak akan bisa melupakan.

Selain itu, novel ini tidak hanya memuat jalinan antara sepasang anak muda, melainkan pula jalinan antara bunda serta anak, dan sebuah pertemanan. Pesan moral yang dimuat pada novel ini sangatlah mengagumkan. Hal ini menyadarkan bahwa untuk bahagia serta dalam hidup pun manusia perlu belajar mengikhlaskan.

dari awal hingga akhir, penuh akan kejutan dengan karakter tokoh yang kuat. Adapun tokoh yg terdapat dalam novel ini, pada antaranya Lail, Esok, Maryam, ibu serta Ayah Lail, ibu dari Esok, Elijah, mak Suri, Pak Walikota, ibu Walikota, serta Claudia. Selain itu, persahabatan antara Lail serta Maryam sangatlah bertenaga dan indah . Novel Hujan ini bisa dijadikan salah satu bacaan yang direkomendasikan, terlebih bagi penggiat hasil karya tulis dari Tere Liye.

Itulah Resensi Novel Hujan Tere Liye. jika tertarik serta ingin memperluas pengetahuan terkait bidang apapun atau ingin mencari buku menjadi referensi bacaan, tentu kalian mampu temukan, beli, dan baca bukunya senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi kalian yg ingin menimba ilmu.

telah membeli
45 menit lalu