11 Rekomendasi Buku Sejarah Islam Terbaik 2022

11 Rekomendasi Buku Sejarah Islam Terbaik 2022

11 Rekomendasi buku Sejarah Islam

Buku Sejarah Islam – kamu tengah sibuk mencari buku sejarah islam buat menambah wawasanmu? Atau engkau mencari buku referensi untuk keperluan menambah referensi skripsi kamu. Nah, daripada pusing tujuh keliling.

salah satu cara untuk menambah dan memperluas wawasan kita dalam memahami sejarah ataupun hukum pada agama Islam ialah dengan membaca buku-buku islami. Pastinya pintu cakrawala pengetahuan perihal Islam bisa kamu temukan ketika membaca bukunya.

Membaca buku islami juga bisa menjadi cara lain buat kamu yang ingin mengisi waktu luang untuk bersantai. Tentu alternatif ini akan membuat waktumu menjadi sangat produktif.

ada banyak buku-buku islami yg kini bisa kamu akses pada internet atau kamu beli di toko buku terdekat. kamu juga bisa menemukan referensi buku-buku islami terbaik dengan mudah di internet

1. Tuhan ada di Hatimu

Husein Ja’far Al Hadar ialah pendakwah muda yang saat ini digemari sebab penyampaiannya selalu ringan dan penuh canda. pada buku ini, Husein Ja’far Al Hadar menuliskan banyak masalah-persoalan anak muda seperti hijrah, bagaimana akhlak menurut Islam, dan bahkan Islam itu sendiri.

Ditulis dengan bahasa yg mudah dimengerti, buku ini menjadi salah satu rujukan yg cocok bagi anak muda.

2. Ensiklopedi Sejarah Islam

Ensiklopedi Sejarah Islam

SEJARAH ialah cermin masa lalu. Sejarah juga pelajaran bagi orang-orang yang datang kemudian. Sejarah sangat penting buat dipelajari, mengingat segala peristiwa-peristiwa yg terjadi pada muka bumi, terkadang adalah pengulangan dari apa yg terjadi di masa lalu. Inilah pentingnya umat Islam memahami sejarah, supaya bisa mengambil teladan dari para pejuang masa lalu, dan mengambil pelajaran dari kekalahan.

buku ini merupakan ensiklopedi praktis (al-mausu’ah almuyassarah) sesuai kronologis sejarah, dari mulai kehidupan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam hingga Dinasti Mamluk. Penulis pula berusaha membuat kronologi sejarah secara ringkas, runut, mudah dipahami, dan tak bertele-tele. Analisa sejarahnya yg disertai dengan hadits-hadits shahih, akan membawa pembaca buat melihat sejarah dengan kacamata yang jernih.

Sejarah adalah cermin masa lalu. Sejarah juga pelajaran bagi orang yg datang kemudian. Sejarah sangat penting buat dipelajari, mengingat segala peristiwa-peristiwa yang terjadi pada muka bumi, terkadang ialah pengulangan berasal apa yg terjadi pada masa lalu. Inilah pentingnya umat Islam memahami sejarah, agar bisa mengambil teladan dari para pejuang masa lalu, serta mengambil pelajaran dari kekalahan.

3. Paket Serial Bangkit serta Runtuhnya Daulah Islamiyyah

buku Bangkit dan Runtuhnya Khilafah merupakan salah satu permata dibidang sejarah Islam. dengan membacanya diharapkan kaum Muslimin bisa meneladani para pendahulunya serta bisa melanjutkan penulisan sejarahnya dengan tinta emas.

buku ini terdiri dari 10 buku yaitu :

1. Bangkit dan runtuhnya Khilafah Bani Umayyah

2. Bangkit serta runtuhnya Daulah abbasiyah

3. Bangkit serta runtuhnya Andalusia

4. Bangkit dan runtuhnya Daulah fathimiyyah

5. Bangkit serta runtuhnya Bangsa Mongol

6. Bangkit dan runtuhnya Daulah ayyubiyah

7. bangkit dan runtuhnya Daulah Zankiyah

8. Bangkit dan runtuhnya Daulah Bani Saljuk

9. Bangkit dan runtuhnya Khilafah Utsmaniyyah

10. Bangkit serta runtuhnya Dinasti mamluk

4. Sejarah Islam dari Arab Pra Islam

Sejarah Islam dari Arab Pra Islam

Kualitas karya Profesor Suhail ini sangat .

banyak jalan untuk tahu sejarah Islam, dan buku ini merupakan jalan lintas yang paling aman dan cepat. Prof. Suhail Thaqqusy melacak syarat bangsa Arab sebelum kedatangan Islam (Era Jahiliah), termasuk kondisi geologi dan geografinya, lalu menceritakan jejak lahir Islam (Era risalah) serta perkembangannya hingga Abad Pertengahan, gerak penaklukannya, kerajaannya, dan masa kejayaan serta kemundurannya secara singkat serta padat.

Dilengkapi dengan peta-peta, ilustrasi, dan tabel tentang insiden-insiden penting, buku ini merangkum perjalanan delapan abad peradaban dan daulah Islam pada Semenanjung Arab, Asia, Afrika, serta Eropa hingga berakhirnya Daulah Utsmani pada 1324 H/1924 M. penjelasan setiap negeri diawali dari kemunculannya, lalu perkembangannya, puncak pencapaiannya, dan kejatuhannya. Sebuah rujukan ringkas tapi menyeluruh perihal sejarah dunia Islam—penting bagi kalangan akademis serta memuaskan dahaga kalangan pembaca umum .

5. Quraisy (dari Kabilah Makkah Ke Peradaban dunia)

Quraisy adalah suku kecil yang mendiami kota suci Makkah jauh hari sebelum Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul. waktu cahaya Islam datang menyinari kota Makkah, penduduk Quraisy terbelah sikapnya terhadap seruan dakwah tauhid. ada yg cepat merespon, ada yang lambat, ada pula yg 1/2 hati menerima, bahkan banyak yang menjadi penentang keras dakwah Islam.

Kehadiran Islam merupakan berkah bagi Quraisy, sebab dengan Islam menjadikan Quraisy menjadi kabilah terbesar sepanjang sejarah kemanusiaan. Bahkan nama Quraisy sebagai salah satu nama surat Al-Qur`an yg menjadi bacaan berulang sepanjang masa. Islam telah memuliakannya sehingga nama besar Quraisy terangkat mendunia hingga saat ini.

buku ini menyampaikan sejarah kabilah Quraisy sejak era jahiliyah, masa kenabian, sampai masa-masa selanjutnya. Sebagaimana sunatullah berjalan, sebuah peradaban berangkat dari kecil kemudian membesar hingga menghegemoni peradaban dunia, lalu lama-lama mengecil lagi digantikan kekuatan lain. Berbicara tentang Quraisy otomatis kita berbicara tentang Islam dan rasul-Nya, karena dari sanalah sejarah Islam dilahirkan.

6. Khilafah : peran manusia di Bumi

1. Mengapa kita ditempatkan Allah pada planet bumi? Mengapa setelah kakek dan nenek kita nyaman di surga , beliau berdua diperintahkan turun ke bumi? Apa “tujuan” Allah menghadirkan kita di sini?

2. Apa makna ibadah dan ragamnya yg dinyatakan Allah bahwa itu tujuan Allah menciptakan jin dan manusia?

3. Apa yang dimaksud dengan tujuan hidup serta apa pula hakikatnya?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada atas sering kali kabur. Jangankan oleh orang kebanyakan, sekian banyak ilmuwan dan filsuf pun yang hingga di pembaringan maut mereka belum pula menemukan makna dan tujuan hidupnya, kendati sebagian mereka sadar bahwa hidup ini bukanlah permainan atau tanpa tujuan. Melalui buku ini penulis berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas sesuai kemampuan dan latar belakang konsentrasi keilmuan penulis. Apa yang terhidang tentu saja terbuka luas buat dikembangkan serta diperluas bahkan dikritik serta diluruskan demi mencapai kebenaran

7. Sejarah Peradaban Islam

Islam lahir pada Arabia di abad ke-6 M, dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Islam lahir dengan membawa peradaban manusia yang sangat tinggi, mengantarkan warga Arab yang Jahiliah menjadi rakyat muslim yg memiliki landasan tauhid, yaitu agama terhadap tuhan yg Esa (the faith of unity of God).

pada masa puncaknya Islam telah mampu menguasai peradaban dunia pada berbagai bidang seperti filsafat, ilmu pengetahuan, teknologi, arsitek, sastra, serta seni bangunan. Sebut saja peradaban Islam di Andalusia Spanyol, Usmani di Turki, Baghdad, Mongol India, Afrika Utara, maupun pada Asia Tenggara. Demikian jua peradaban Islam sudah memunculkan tokoh-tokoh berkaliber global seperti Al-Kindi, Al-Farabi, Al-Khawarizmi, Ibnu Rusyd (Averros), serta Ibnu Sina (Avicenna) yg berada di belahan dunia Barat, karya-karya mereka dijadikan literatur harus bagi para pengkaji ilmu pengetahuan.

tetapi, mengapa peradaban Islam ketika ini mengalami kemunduran? Mengapa peradaban Islam belum bangkit menguasai peradaban dunia? Bagaimana perjalanan sejarah peradaban Islam dari masa ke masa? kitab ini membahas Sejarah Peradaban Islam semenjak awal munculnya Islam di Arabia hingga peradaban Islam kontemporer saat ini di berbagai kawasan dunia Islam. oleh karena itu, buku Sejarah Peradaban Islam ini sangat penting bagi para mahasiswa UIN, IAIN, STAIN, PTAIS, maupun Perguruan Tinggi umum lainnya, serta siapa pun yang ingin mengetahui sejarah peradaban Islam secara komprehensif dan utuh.

8. Sirah Nabawiyah: Sejarah Lengkap Kehidupan Nabi Muhammad

Sirah Rasulullah s.a.w. memang tidak pernah kering buat digali dan tidak pernah habis untuk ditulis. Para ulama dan sejarawan sudah banyak yang menjelaskan dan meriwayatkan segenap aspek kehidupan beliau, serta setiap peristiwa serta kejadian yang beliau alami. tetapi, belum ada di antara karya-karya tersebut yg menjabarkan rekaman kehidupan dia secara utuh serta lengkap.

buku ar-Rahiq al-Makhtum initak diragukan lagiadalah sebuah karya masterpiece yg menyajikan perjalanan hidup Nabi Muhammad s.a.w. sejak dilahirkan hingga wafat, dan melukiskan usaha dia pada menyampaikan risalah Islam secara terinci. Penulisnya Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfuri menyandarkan kajiannya pada riwayat-riwayat otentik dari pelbagai sumber resmi dan benar.

Kekuatan buku ini selain terletak pada kelengkapan serta kesahihan rujukan yg digunakan penulisnya, juga pada gaya tuturnya yang mengalir, tidak berbelit-belit, serta mudah dipahami oleh pelbagai lapisan pembaca, serta pemaparan secara kronologis setiap peristiwa dalam kehidupan Rasulullah.

Karya ini akan membawa kita menjelajahi dan menelusuri setiap jejak Rasulullah Muhammad s.a.w. Kita pun seakan bisa melihat secara nyata kehidupan beliau.

9. Muhammad Al Fatih Penakluk Konstantinopel

Awalnya adalah sabda Rasulullah, “sungguh Konstantinopel akan ditaklukkan. Sebaik-baik pemimpin adalah penakluk dan sebaik-baik pasukan ialah pasukannya.” (HR. Ahmad)

sekitar 800 tahun lamanya, mimpi indah ini tersimpan rapi dalam lembaran-lembaran kitab hadits. Bukan tidak ada yg berminat sebagai pahlawannya. sudah banyak. Nahkan, sekitar 11 kali percobaan sudah dilakukan sang tokoh-tokoh besar . Termasuk yg paling bersemangat merupakan Abu Ayyub Al-Anshari. Kuburannya yang ditemukan di dekat benteng Konstantinopel menjadi bukti kuat cita-cita untuk menjadi pembuat sejarah besar serta pewujud mimpi indah itu.

tapi memang, sejarah besar hanya akan ditorehkan oleh orang-orang besar. seperti Muhammad Al-Fatih. pada usia 25 tahun, ia bisa membuktikan dirinya menjadi pelaku hadits mulia itu. dia sebagai pembawa kabar gembira sang Nabi buat menaklukkan Konstantinopel, ibukota Imperium Bizantium. Sosoknya boleh jadi tidak begitu dikenal anak-anak generasi zaman kini . tapi, sejarah sangat mengenal sebagai orang besar yang sudah membuat sejarah besar dalam perjuangan besarnya.

Penulis buku ini, Ramzi Al-Munyawi, ahli sejarah Islam, tidak saja menyajikan biografi besar Muhammad Al-fatih. akan tetapi juga, tentang cerita suksesnya menaklukkan kota yg begitu menggoda seluruh peradaban kala itu. tentang guru-gurunya yg berperan besar dibalik kesuksesannya, tentang strategi militer yang mencengangkan dunia, tentang proyek-proyek peradaban dan ekonomi yg berhasil dihadirkan buat global dan tentang cerita terbunuhnya yg misteri.

10. Biografi Khalifah Rasulullah

Rasulullah saw. bersabda, “Kekhalifahan sehabis kenabian berlangsung selama 30 tahun, kemudian Allah menyerahkan kekuasaan kepada siapa yang dikehen-daki-Nya.” dalam riwayat lain, “…lalu sebagai kerajaan.” (HR Abu Dawud).

Kekhalifahan Abu Bakr al-Shiddiq r.a. selama 2 tahun 3 bulan. Kekhalifahan Umar ibn al-Khaththab r.a. selama 10 tahun 6 bulan. Kekhalifahan Utsman ibn Affan r.a. selama 12 tahun. Kekhalifahan Ali ibn Abu Thalib r.a. selama 4 tahun 9 bulan.

Ditambah masa Kekhalifahan al-Hasan ibn Ali selama 6 bulan, maka genap 30 tahun. Perhitungan itu sejak wafatnya Nabi Muhammad saw., yakni Rabiul Awal 11 H. hingga diturunkannya al-Hasan dari kursi kekhalifahan pada Rabiul Awal 41 H.

kitab ini menyuguhkan perjalanan hidup dan hari-hari krusial yang dilewati para khalifah Rasulullah itu—Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali. Penuh data-data his-toris yg paling sahih. waktu karya-karya sejarah lain berdiri pada salah satu sisi saat menuturkan konflik di antara para teman Nabi, buku ini tetap kukuh menghadirkan mereka menjadi manusia-manusia utama, para pembela Nabi yang selalu mengikuti serta meneladaninya. Merekalah yg disebut-sebut seba-gai Khulafaur Rasyidin—Para Pemimpin yg menerima Petunjuk.

11. Bangkit & Runtuhnya Daulah Zankiyah

buku “Bangkit serta Runtuhnya Daulah Az-Zankiyah ini, ditulis oleh seorang ulama serta pakar sejarah, DR. Ali Muhammad Ash-Shallabi, dia membahas tentang berasal usul Daulah Zankiyah, hubungannya dengan Kekhalifaan Bani Abbasiyah serta Bani Saljuk, usaha mereka melawan pasukan Salib serta Daulah Fatimiyah yang berhaluan syiah, peran Syaikh Abdul Qadir Jailani serta ulama lainnya pada mengobarkan barah jihad pada masa itu, faktor-faktor yang mendorong Daulah Zankiyah bangkit lalu kemudian runtuh, dan beragam tema menarik lainnya. tidak pelak, kehadiran buku ini dapat memenuhi dahaga para pencinta sejarah Islam.

12. Kisah Para Nabi Hc: Sejarah Lengkap Kehidupan Para Nabi

buku Kisah Para Nabi ini merupakan karya fenomenal ulama terkemuka sekaligus ahli
tafsir serta sejarah, Ibnu Katsir. Kisah-kisahnya bersandar pada ayat al-Qur’an serta hadis sahih sehingga isinya terbatas dari berbagai kisah israiliyat sejak awal paragraf sampai akhir.

pada dalamnya pula tersaji berbagai peristiwa serta hal menarik, seperti pesan yang tersirat di balik penciptaan Nabi Adam a.s.; pertemuan Nabi muhammad s.a.w dengan Nabi Adam di surga ;
doa Nabi Nuh a.s sebagai rasul pertama yang diutus ke bumi; dakwah Nabi Ibrahim a.s ketengah kaum penyembuhan berkala; kisah penyembelihan Nabi Ismaila.s dan awal
pembangunan Baitullah

telah membeli
45 menit lalu